Plasa Wanita adalah blog tentang informasi seputar wanita, tips kecantikan wanita, tips kesehatan wanita, informasi fashion terbaru

Rabu, 04 Mei 2016

Resep Kue Basah Lezat Nikmat dan Sederhana Yang Bisa Anda Buat Sendiri

Resep Kue Basah Lezat Nikmat dan Sederhana Yang Bisa Anda Buat Sendiri – Kue basah memang sudah menjadi sebuah suguhan khas di Indonesia. Ada banyak sekali resep kue basah yang bisa dijadikan sebagai makanan ringan untuk keluarga maupun untuk teman-teman kita. Karena sudah seperti kita ketahui bersama bahwa negara kita ini memang gudangnya wisata kuliner yang lezat. Di bawah ini adalah beberapa resep kue basah yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Resep Kue Basah Lezat Nikmat dan Sederhana
Resep Kue Basah Lezat Nikmat dan Sederhana


Resep Kue Basah Lezat Nikmat dan Sederhana


1. Resep Kue Basah, Resep Kue Apem

Kue apem merupakan salah satu jenis jajanan pasar yang termasuk kue tradisional mayarakat Indonesia. Kue ini memiliki rasa sangat manis serta banyak digemari oleh semua kalangan baik orang dewasa maupun anak - anak terutama masyarakat Jawa. Kue apem ini terbuat dari campuran tepung tapioka tepung beras, tape ketan atau ragi instant dan gula sebagai bahan pelengkapnya. 

Kue ini biasanya dibuat dengan cara dikukus dengan langseng yang berisi air penas yang mendidih. Untuk membuat kue ini dalam proses pembuatan memerlukan waktu yang agak lama, karena saat pembuatan adonan kue ini tidak langsung dikukus, akan tetapi didiamkan terlebih dahulu sampai adonan kue tersebut mengembang. Setelah itu adonan siap untuk kukus. Kue Apem ini biasanya termasuk resep kue basah yang sering kita jumpai saat acara hajatan, acara pernikaha ataupun acara – acara hari besar laianya.  Bagi Anda yang penasaran cara pembuatannya berikut merupakan resep pembuatan kue apem yang empuk.

Bahan Resep Kue Basah Resep Kue Apem

- 60 gram tepung tapioka
- 250 gram tepung beras kualitas yang bagus
- 250 gram gula merah
- 450 ml santan kelapa
- 1 sdm tape ketan / ragi instant
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/2 sdt garam dapur halus
- 1 lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih dan dibuat bentuk simpul 


Resep Kue Basah Cara Membuat Kue Apem

- Pertama–tama rebus santan kelapa dan daun pandan sampai mendidih sampai mengeluarkan aroma wangi sambil diaduk, angkat dan buang daun pandan tersebut.
- Setelah direbus, diamkan bahan tersebut sampai dingin.
- Campurkan tepung tapioka, tepung beras, gula merah yang disisir secara halus dan tape ketan yang dihaluskan / ragi instant dalam wadah sambil diaduk secara merata.
- Tuangkan rebusan air santan tadi kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai tercampur merata, diamkan selama 40 menit.
- Setelah mengembang siapkan cetakan kue apem tersebut.
- Tuangkan adonan kedalam cetakan yang sudah dilumuri dengan minyak kelapa.
- Kukus adonan dalam wadah langseng sampai benar-benar matang dan terasa empuk.
- Angkat kue yang sudah matang lalu keluarkan kue apem tersebut dari cetakannya.
- Taruh Kue Apem tersebut pada tempat penyajian.
- Kue apem siap untuk dinikmati.

Cukup mudahkan cara pembuatanya. Kue apem ini sangat pas dinikmati saat sore hari sembari bersantai – santai bersama keluaraga dan ditemani segelas teh hangat. Selain itu sangat cocok untuk disajikan saat acara–acara hajatan dirumah Anda. Mudah – mudahan resep kue basah, resep kue apem tersebut bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa untuk mencoba membuat kue tersebut. 

2. Resep Kue Basah, Resep Kue Ape Hijau Mak Nuts

Salah satu resep kue basah kue khas masyarakat betawi yang sangat popular sejak zaman dahulu yaitu Kue Ape. Kue Ape merupakan kue tradisional yang umumnya memiliki warna hijau. Kue ini memiliki bentuk mirip dengan kue serabi. Biasanya kue tersebut banyak dijajakan atau dijual di pinggir jalan, pasar tradisional atau di sekolah-sekolah. 

Banyak masyarakat yang menyukai jajanan yang satu ini mulai dari orang dewasa sampai anak – anak. Rasa dari Kue Ape ini sangatlah manis dengan memiliki aroma pandan yang begitu khas. Bagian pinggiran dari Kue Ape ini memiliki tekstur kering dan tipis.  Seedangkan pada bagian tengahnya teksturnya begitu lembut serta tebal. Kue Ape ini seringkali akan kita jumpai saat acara hajatan, pengajian atau acara pernikahan.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengolah Kue Ape tersebut nah, berikut ini resep membuat Kue Ape yang nikmat dan mak nuts. Dengan resep yang sangat sederhana ini para bunda dapat belajar membuat Kue Ape tersebut sendiri dengan mudah serta dapat dijadikan bisnis sampingan Anda dirumah serta ikut melestarikan budaya warisan kuliner nusantara. berikut ini uraian singkat resep Kue Ape.

Bahan Resep Kue Basah, Resep Kue Ape

- 100 gr tepung terigu
- 150 gr tepung beras
- 1 sdm baking powder
- 100 gr gula pasir
- ½  sdt garam dapur halus
- 1 sdt pasta pandan hijau atau daun pandan yang dimasak
- 250 ml air putih

Cara Membuat Kue Basah, Kue Ape sebagai berikut :

- Pertama – tama campurkan semua bahan diantaranya yaitu tepung terigu, tepung beras, baking powder, gula pasir dan garam dapur menjadi satu adonan sampai rata.
- Tuangkan air putih ke dalam adonan secara perlahan sambil diaduk - aduk hingga mengental.
- Kemudian masukkan pasta pandan hijau atau air daun pandan, lalu aduk sampai merata.
- Tutup wadah atau tempat adonan dan diamkan selama kurang lebih sekitar satu jam.
- Setelah kira – kira satu jam, aduk kembali adonan tersebut.
- Berikutnya panaskan cetakan Kue Ape atau tempat penggorengan juga bisa.
- Olesi cetakan kue tersebut dengan minyak kelapa atau mentega menggunakan kuas, agar kue mudah untuk diangkat.
- Tuangkan adonan sekitar 1 sendok sayur satu persatu.
- Tutup rapat cetakan kue hingga matang.
- Setelah terasa  matang, angkat Kue Ape tersebut dari cetakan kue.
- Siapkan wadah atau tempat untuk disajikan
- Kue Ape siap untuk dihidangkan dan disantap.


Kue Ape ini sangat cocok dihidangkan setiap saat, serta paling pas dinikmati serta ditemanai dengan secangkir teh hangat. Demikian uraian resep kue basah, resep Kue Ape yang sangat nikmat. Semoga dapat menambah pengalaman Anda dalam membuat olahan jajanan khas nusantara. Selamat mencoba. 

3. Resep Kue Basah, Resep Kue Apem Kukus Tepung Terigu

Kue yang satu ini sangat nikmat banget lo bund. Kue ini ngak asing lagi bagi masyarakat di Nusantara ini. Karena Kue Apem Kukus ini termasuk salah satu jajanan pasar yang menjadi favorit pecinta kuliner. Kue kukus tersebut sering kita jumpai saat acara pengajian atau acara hajatan. Selain itu kue apem ini memiliki banyak jenis warna mulai dari warna putih, warna merah, warna hijau, warna coklat, warna unggu dan masih banyak ladi warna lainnya. Saat ini kue tradisional sangat banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, bahkan Warga Negara Asing pun sangat suka dengan kuliner tradisional tersebut. 

Salah satu jajanan tradisional yang sangat mudah untuk dibuat adalah Kue Apem Kukus Tepung Terigu. Kue ini seringkali kita jumpai di tempat jajanan pasar tradisional. Bahkan di warung – warung sekitar rumah Anda pun juga banyak tersedia dan dijajakan. Selain memiliki rasa yang nikmat kue tersebut membuat ketagihan. Cara membuatnya pun cukup mudah serta sangat sederhana. Ingin tau cara pembuatanya serta bahan – bahan yang digunakan. Berikut ini uraian resep Kue Apem Kukus dengan bahan dasar tepung terigu. 

Bahan Resep Kue Basah, Resep Kue Apem Kukus Tepung Terigu

- ½  kg tepung terigu
- ¼ kg gula pasir
- 200 ml santan kelapa
- 250 ml air putih 
- 1 sendok teh ragi instant 
- ½ garam dapur
- Pewarna makanan sesuai selera

Cara membuat kue apem beras dari Resep Kue Basah, Resep Kue Apem Kukus Tepung Terigu

- Aduk semua bahan diatas dengan spatula atau mixser sampai merata bersama dengan airnya 1 gelas.
- Encerkan adonan lalu diamkan dan ditutup rapat sampai mengembang kurang lebih sekitar 30 menit atau lebih.
- Bagi adonan menjadi 2 bagian lalu beri pewarna makanan pada masing – masing adonan sesuai selera.
- Kemudian tuang adonan pada cetakan kue apem yang sudah disiapkan.
- Panaskan dandang untuk mengukus kue sampai airnya mendidih. 
- Masukkan adonan kedalam cetakan kue apem satu persatu lalu masukan kedalam dandang tersebut.
- Kukus selama kurang lebih sekitar 20 menit sampai kue apem matang.
- Angkat kue apem tersebut yang sudah matang lalu taruh pada wadah dan pisahkan dari cetakan kue apem.
- Kue apem siap disajikan.

Kue tersebut dapat  dijadikan sebagai bisnis sampingan Anda, walaupun tradisional kue tersebut selalu dicari orang untuk jajanan saat acara – acara tertentu. Selain itu kue ini cocok sekali dinikmati saat bersantai bersama keluarga Anda. Untuk itu jangan sampai Anda tidak mecoba resep dari saya ini ya bund. Demikian uraian singkat resep Kue Apem Kukus Tepung Terigu. 

4. Resep Kue Basah, Resep Kue Apem Beras

Kue yang satu ini sangat nikmat lo bund. Kue tersebut taka asing lagi bagi masyarakat di Nusantara ini yaitu Kue Apem Beras. Resep Kue Apem Beras ini termasuk salah satu jajanan pasar yang menjadi favorit bagi pecinta kuliner. Kue ini sangatlah tradisional, oleh sebab itu sering kita jumpai saat acara pengajian, hajatan serta saat acara – acara hari raya. Terdapat banyak macam jenis Kue Apem tersebut diantaranya yaitu kue apem kukus dari Betawi, kue apem selong Jawa, dan lain - lain. Cara membuatnya pun ada yang di kukus serta ada juga yang dipanggang. 

Resep Kue Basah, Resep Kue Apem Beras

Selain itu kue ape mini memiliki banyak jenis warna mulai dari warna putih, merah, hijau, coklat, unggu dan lain – lain. Pada kue apem yang berwarna putih biasanya bahan yang digunakan menggunakan gula pasir. sedangkan kue apem yang dengan warna coklat biasanya menggunakan gula merah atau gula jawa. Bagi Anda yang ingin mengolah kue apem beras, simak uraian resep dari saya berikut ini. 

Bahan untuk Resep Kue Basah, Resep Kue Apem Beras

- 250 gram tepung beras
- 50 gram tepung kanji atau tepung sagu
- 140 gram gula putih
- 200 ml santan kelapa
- 250 ml air putih hangat
- 1 sendok teh ragi instant / tape ketan
- Garam secukupnya
- Pewarna makanan sesuai selera Anda

Cara membuat kue apem beras dari Resep Kue Basah, Resep Kue Apem Beras

- Pertama – tama campurkan ragi instant / tape ketan yang sudah dihaluskan dengan mixer dan 4 sendok makan air putih hangat.
- Kemidian didihkan santan kelapa dan gula putih sampai larut, kemudian dinginkan dan sisihkan.
- Setelah itu campurkan tepung beras, tepung kanji dan larutan ragi instant tadi sambil diuleni hingga kalis selama kurang lebih sekitar 15 menit. 
- Tuang santan yang telah dididihkan tadi, aduk sampai rata. Lalu diamkan selama kurang lebih sekitar satu jam.
- Bagi adonan tersebut menjadi beberapa bagian dan beri pewarna makanan pada masing – masing adonan sesuai selera Anda, lalu tuang adonan kedalam cetakan kue apem plastic yang tahan terhadap panas.
- Panaskan dandang untuk memasak kue sampai mendidih dan mengeluarkan uap banyak, masukkan adonan satu persatu yang telah dimasukkan kedalam cetakan kue.
- Kukus selama kurang lebih sekitar 20 menit sampai kue tersebut terasa matang.
- Angkat kue apem yang sudah matang lalu  siapkan tempat penyajian.
- Sajikan kue apem selagi masih hangat.  

Artikel terkait : Kumpulan Resep Kue

Kue Apem ini sangat cocok disajikan saat sore hari bersama keluarga serta kerabat Anda saat waktu bersantai. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan Anda sebagai tambahan penghasilan yang sangat menjanjikan. Demikian uraian resep Kue Apem Beras, selamat mencoba.
Facebook Twitter Google+

Back To Top