Plasa Wanita adalah blog tentang informasi seputar wanita, tips kecantikan wanita, tips kesehatan wanita, informasi fashion terbaru

Minggu, 10 April 2016

Resep Kue Cubit Jajanan Tradisional Khas Kota Bandung

Resep Kue Cubit Jajanan Tradisional Khas Kota Bandung - Mendengar namanya Anda pasti penasaran. Kue Cubit merupakan salah satu jajanan tradisional khas Kota Bandung. Kue ini sangat di kota tersebut, bahkan sampai di Kota Jakarta. Ada beberapa pendapat tentang penamaan kue tersebut. Ada yang berpendapat bahwa nama kue tersebut berasal dari saat proses pembuatan saat dipanaskan pada cetakan, setelah resep kue cubit tersebut matang diambil dengan menggunakan tusuk lidi atau menggunakan penjepit. Walau, bagaimanapun asal penamaan dari kue tersebut yang penting rasanya nikmat saat di makan serta bikin ngiler.

Resep Kue Cubit
Resep Kue Cubit
Kue ini sebagai cemilan sederhana yang sangat populer di beberapa daerah. Rasanya yang nikmat membuat lidah terasa ingin nambah lagi. Saat ini kue cubit semakin popular, dengan modifikasi sedemikian rupa serta sentuhan tangan-tangan para ibu – ibu yang sangat kreatif sehingga rasa serta tampilan dan warnanya sangat menarik dan tak kalah enaknya dengan kue basah modern lainnya.


Banyak variasi yang dapat anda kembangkan dalam cara membuat kue cubit yang enak serta empuk dengan menggunakan adonan dasar seperti resep kue cubit dibawah ini. Kita dapat menggunakan cetakan dalam berbagai macam bentuk serta mengkreasikan aneka topping. Selain itu Anda juga dapat mengkombinasikan adonan dengan berbagai aneka rasa sesuai selera Anda. Salah satunya adalah dengan cara menambahkan bubuk coklat atau bubuk green tea kedalam adonan untuk variasi resep membuat kue cubit rasa coklat atau green tea..

Resep Kue Cubit

Bahan Kue Cubit :

- 100 gram tepung terigu
- 100 gram margarine yang di lelehkan
- 100 gram gula pasir
- 3 butir telur
- 200 ml susu cair
- ¼ sdt soda kue
- ½ sdt baking powder
- bungkus vanili bubuk
- Coklat meses dan keju parut secukupnya

Peralatan yang diperlukan untuk mengeksekusi resep kue cubit diantaranya :

1. Mixer
2. Wadah
3. Cetakan
4. Kuas untuk mengolesi cetakan kue

Cara Membuat Kue Cubit sebagai berikut :

- Pertama - tama siapkan wadah untuk mencampurkan adonan, kemudian masukkan telur dan gula pasir, lalu kocok sampai mengembang dan gulanya menjadi larut pada adonan tersebut. Gunakanlah mixer untuk mempermudah proses penggembang.
- Setelah itu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit serta susu cair dalam adonan tersebut, aduk sampai rata.
- Kemudian  tuangkan margarin cair dan aduk sampai merata lalu masukkan soda kue, vanilla bubuk, dan baking powder.
- Setelah adonan terasa merata, masukkan adonan ke dalam wadah gelas takar atau berbentuk teko agar adonan mudah dituangkan ke dalam cetakan kue tersebut.
- Panaskan cetakan kue cubit di atas api yang kecil, cetakan tersebut terlebih dahulu diolesi sedikit margarin agar mudah saat pengankatan. Setelah terasa panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan kemudian tutup cetakan tersebut.
- Setelah adonan terasa setengah matang serta mengembang, beri taburan coklat messs atau keju kemudian tutup kembali hingga matang serta bagian bawah kue tersebut sampai sedikit berwarna kecoklatan.
- Keluarkan kue tersebut dari cetakan memakai tusuk lidi di tempat yang sudah disediakan.
- Kue Cubit siap untuk disajikan

Resep kue lain : Resep Kue Bolu Panggang Enak Dan Lezat 

Demikian ulasan mengenai cara membuat Kue Cubit. Semoga resep kue cubit di atas bisa bermanfaat dan menambah referensi Anda dalam membuat kue untuk orang terkasih dan tersayang. 
Facebook Twitter Google+

Back To Top